Tips Menyusui :Makanan Super Untuk Busui

Bayi harus mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk tumbuh, sehingga Bunda harus memperhatikan apa yang dikonsumsinya selama menyusui buah hati, ya. Selama menyusui, Bunda membutuhkan 300-500 kalori ekstra setiap hari dibanding wanita yang tidak menyusui.

Kalori tambahan ini ini untuk membantu suplai air susu ibu (ASI), dan meningkatkan energi Bunda selama menyusui. Namun tak cuma memenuhi kebutuhan kalori, tapi jangan terlalu membatasi kalori dengan harapan bisa menurunkan bobot tubuh lebih cepat.

Untuk memastikan ASI yang diproduksi bernutrisi, maka Bunda harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi. Karena dengan begitu, bayi dapat tumbuh dengan baik, dan Bunda juga tetap sehat serta memiliki energi yang cukup selama menyusui.

Berikut makanan super yang perlu Bunda konsumsi selama menyusui:

  1. Telur
    Telur menjadi salah satu bahan makanan yang cepat, mudah, dan serbaguna untuk dikonsumsi. Selain gampang untuk diolah, telur mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Beberapa nutrisi baik tersebut, seperti protein, kolin, lutein, vitamin B12, vitamin D, riboflavin dan folat. Penelitian juga menunjukkan bahwa telur tidak dapat meningkatkan kolesterol lho, Bunda.
  2. Salmon
    Sumber protein yang baik lainnya dapat diperoleh dari ikan satu ini karena kaya akan vitamin B12 dan asam lemak omega-3 dan vitamin D alami. Menurut penelitian, salmon dapat membantu untuk menangkal depresi pasca persalinan lho, Bunda.
  3. Biji-bijian utuh
    Biji-bijian utuh seperti dalam roti dan oatmeal merupakan sumber penting vitamin B, mineral, protein dan serat. Selain itu, biji-bijian ini juga dapat membantu pencernaan dan menjaga kadar gula darah menjadi stabil. Serat yang dikandungnya dapat membuat Bunda merasa kenyang lebih lama dan membantu untuk menurunkan berat badan.
  4. Sayuran berdaun hijau
    Sayuran hijau kaya akan antioksidan, serat, vitamin A, C, E, dan K serta mineral seperti kalsium. Setidaknya, cobalah untuk mengonsumsinya satu porsi sayuran berdaun hijau dalam sehari ya, Bunda.
  5. Kacang-kacangan dan biji-bijian
    Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung nutrisi dan merupakan sumber protein, serat, vitamin, mineral, antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat. Selain melindungi dari penyakit jantung, juga sebagai anti-penuaan, yang baik untuk kulit.
  6. Alpukat
    Biasanya ibu menyusui akan sering mengeluh lemas karena lapar ya, Bunda. Itu disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan kalori dari dalam tubuh. Nah untuk mengatasi hal tersebut, Bunda bisa mengonsumsi alpukat karena alpukat dapat menjadi pembangkit tenaga dan bergizi untuk ibu menyusui. Alpukat mengandung hampir 80 persen lemak dan membantu menjaga Bunda agar tetap merasa kenyang. Selain itu, buah ini juga menjadi sumber vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E.
  7. Daging sapi
    Ibu menyusui membutuhkan mineral zinc dan daging sapi menyediakannya. Daging sapi merupakan protein berkualitas tinggi yang kaya akan zat besi dan vitamin B, yang membantu Bunda mempertahankan energi. Pilihlah daging sapi yang diberi makan rumput karena memiliki lebih banyak asam lemak omega-3, tanpa antibiotik dan hormon.

PENTING DIINGAT yah bunda. Proses membersihkan bahan makanan itu wajib dilakukan terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Pastikan bunda mencuci dengan cairan pembersih yang benar-benar aman untuk makanan / Food Grade. Serta Anti bakteri dan jamur.

Seperti Liquid Cleanser dari baby huki. teruji secara klinis membersihkan bakteri dan jamur agar si Kecil tetap sehat. Juga sangat tepat untuk membesihkan peralatan pumping bunda, botol susu, serta botol asip bunda setiap kali sehabis digunakan.