Persiapan Mudik Aman dan Nyaman Bersama si Kecil

Menjelang Ramadan berakhir, Bunda biasanya sudah mulai sibuk mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa untuk mudik. Tapi, dengan kehadiran si Kecil tentu barang bawaan akan lebih banyak dan hal-hal yang harus diperhatikan selama mudik bertambah. Jangan sampai stress ya Bunda karena Bunda juga harus menjaga kondisi agar prima selama di jalan. Agar tidak panik, Baby Huki akan berbagi tips mudik aman dan nyaman sampai tujuan dengan bayi di pangkuan.

Persiapan Menjelang Mudik

  1. Atur jadwal tidur

Biasakan si Kecil tidur di jam yang sama agar tidak kelelahan saat melakukan perjalanan jauh. Dengan jadwal tidur teratur, Anda juga bisa beristirahat dengan tenang serta menghindari anak rewel akibat mengantuk.

  1. Jaga stamina

Istirahat yang cukup dan minum suplemen bila perlu agar Bunda, Ayah, dan si Kecil terhindar dari sakit yang pastinya membuat perjalanan terasa tidak nyaman. Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta minum yang cukup saat sahur dan berbuka.

  1. Jangan tunda berkemas

Waktu berkemas yang cukup membuat Bunda bisa melihat kembali apakah barang bawaan sudah sesuai dengan yang Bunda perlukan. Jika perlu buat daftar barang bawaan yang tentunya memudahkan untuk melihat barang apa yang sudah masuk koper dan yang tertinggal. Ini juga membantu saat Bunda kembali dari mudik agar tidak ada barang tertinggal di kampung halaman.

  1. Persiapkan perlengkapan bayi

Perlengkapan untuk si Kecil tentunya lebih banyak dan sulit untuk mendapatkan penggantinya jika ketinggalan. Mulai dari peralatan MPASI, botol dan pompa ASI untuk ASIP, cooler bag, ice pack, MPASI instan, makanan ringan, serta persiapan MPASI yang bisa langsung dikonsumsi. Jangan lupa untuk membawa mainan favorit agar si Kecil tidak mudah bosan. Bunda juga bisa bersiap membawa stroller, gendongan, serta bath tub si Kecil.

Saat Mudik

  1. Cek kendaraan mudik

Untuk menghindari masalah selama perjalanan jauh, cek kembali kondisi kendaraan serta perlengkapan yang diperlukan. Jika perlu, minta bantuan bengkel untuk menyervis kendaraan, cek oli, karburator, serta AC.

  1. Perhatikan jadwal MPASI dan ASI

Agar tidak repot selama di jalan, ada baiknya Bunda membawa sendiri peralatan untuk MPASI. Untuk makanannya, Bunda bisa menyiapkan makanan yang mudah diolah seperti kentang rebus, hati dan daging ayam rebus, telur rebus, atau wortel rebus sesuai dengan kesukaan si Kecil. Jika setelah menyusui ASI masih penuh, Bunda bisa memerah dan menyimpannya dalam tas pendingin. Usahakan untuk langsung dikonsumsi ya.

  1. Hindari kelelahan dengan istirahat

Perjalanan mudik biasanya lebih panjang dari biasanya akibat macet. Ayah dan Bunda bisa beristirahat di area beristirahat yang tersedia. Lakukan peregangan serta bawa bayi berjalan-jalan di sekitar untuk menghirup udara segar dan mencegah kebosanan.

  1. Perhatikan kenyamanan anak

Bunda bisa menyediakan kursi mobil (car seat) khusus bayi untuk bayi tidur atau duduk dengan lebih aman. Ini juga membantu saat Bunda ingin beristirahat sebentar atau melakukan hal lain tanpa menggendong mereka. Agar tidak masuk angin, kenakan pakaian nyaman dan kaus kaki serta balurkan minyak telon Baby Huki untuk menjaga kehangatan badan mereka.

Siap untuk mudik, Bunda? Selamat menempuh perjalanan dengan aman dan nyaman ya. Semoga lebarannya kali ini berkesan dengan kehadiran si Buah Hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *