4 Kata Yang Wajib Diajarkan Kepada Si Kecil Sedari Dini

Ketika si Kecil mulai belajar berbicara jangan lupa ajarkan si Kecil beretika baik melalui 4 kata ajaib.

Tata karma yang baik adalah modal penting agar mereka bisa berperilaku dengan baik saat dewasa. Mengajarkan anak sopan santun harus dilakukan sejak kecil, terus diulang dan konsisten. Orangtua juga harus memberi contoh agar mereka memiliki perilaku sesuai yang kita harapkan. Cara mengajarkannya pun cukup mudah, mulai dengan mengajarkan 4 kata ajaib;

  1. Maaf

Ajarkan si Kecil untuk mengucapkan maaf saat ia melakukan kesalahan. Kata maaf mampu mengajarkan si Kecil untuk berani mengakui kesalahan, melatih keberanian, dan melatih bertanggung jawab akan apa yang ia lakukan.

  • Permisi

Ajarkan si Kecil untuk mengucapkan permisi saat ia ingin menyela atau melewati orang dewasa, mau bertanya alamat dengan orang asing, meminta jalan di supermarket.

  • Tolong

Ajarkan si Kecil untuk mengucapkan tolong saat ia meminta bantuan orang lain. Membiasakan anak mengucapkan kata tolong, mengajarkan ia untuk menghargai bantuan dari orang lain. 

  • Terima Kasih

Biasakan si Kecil untuk selalu mengucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan dari orang lain, mendapatkan pertolongan dari orang lain, mendapat pujian atau apapun yang dapat memberi rasa senang atau nyaman. Mengucap Terimakasih dapat diartikan sebagai rasa syukur terhadap apa yang telah diperoleh.

Ayo Bunda, ajarkan tata krama mulai dari sekarang ya Bunda. Biasakan selalu berkata 4 kata tersebut kepada anak pada saat yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *