Mengenal manfaat ASI Foremilk dan ASI Hindmilk.

“ASInya cair nih, pasti gak bagus. Kok ASInya warnanya kuning begini ya? Basi gak ya?”

Banyak mitos tentang ASI dan menyebabkan salah kaprah akan ASI. Padahal tidak ada ASI tidak bagus ataupun ASI yang diperah ASI basi. Karena ASI merupakan adalah salah satu keajaiban dan memiliki banyak manfaat.

Ada 2 tipe jenis ASI, yaitu ASI Foremilk  (ASI sisi depan) dan ASI Hindmilk (ASI sisi belakang). Apa sih bedanya? ASI foremilk tampak jernih karena mengandung lebih banyak air dan lebih sedikit lemak. ASI Foremilk mengandung laktosa yang penting bagi pembentukan otak bayi dan memenuhi kebutuhan bayi terhadap air minum. Selain itu, foremilk juga kaya akan protein yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mempercepat pembentukan saraf dan jaringan tubuh dan memperkuat daya tahan tulang serta kulit.

Sedangkan ASI Hindmilk, ASI yang keluar setelah beberapa saat menyusui (biasanya sekitar 5 menit), maka ASI akan berubah warna menjadi lebih putih bersih seperti susu sapi dan muncul belakangan di akhir atau di tengah-tengah proses menyusui.

Hindmilk berwarna putih karena mengandung lebih banyak lemak dibandingkan foremilk sehingga bayi akan mendapatkan cukup energi dan merasa kenyang seharian. Hindmilk mulai terbentuk ketika kadar air susu dalam payudara berkurang. Semakin sedikit jumlah air susu, semakin tinggi pula kandungan lemak di dalamnya.

Agar si Kecil mendapatkan kesempurnaan ASI, sebaiknya biarkan si Kecil menyusu pada satu payudara sampai kosong, baru berpindah ke payudara lainnya. Atau 15 menit untuk 1 payudara, baru berpindah ke payudara lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *