Rawat Gigi Si Kecil Yuk Bund

“Duh anakku kok sekarang jadi sering rewel ya? Anak saya dikit-dikit masuk mulut dan lagi suka gigit-gigit nih. Kalau anak saya jadi susah makan. Pusing deh”

Bunda-Bunda jangan pusing, karena itu tandanya si Kecil sedang tumbuh gigi. Selamat ya Bunda J Nah, agar gigi mereka tumbuh dengan baik Bunda sudah bisa memperkenalkan kebiasaan sikat gigi mulai sejak dini agar terhindar dari masalah gigi seperti karies gigi. Karies gigi atau gigi berlubang sendiri adalah kerusakan yang terjadi pada jaringan keras gigi karena aktivitas bakteri dalam plak. Bakteri penyebab karies gigi adalah Streptococcus mutans. Adanya bakteri dalam mulut memang suatu hal yang normal. Namun seiring waktu penumpukkan bakteri, sisa-sisa makanan, dan air liur di dalam mulut dapat menyebabkan plak terbentuk. Zat asam dalam plak dapat menyebabkan jaringan keras gigi larut, sehingga terjadilah karies gigi.

Ciri-ciri karies gigi adalah munculnya spot putih di gigi karena adanya proses penghilangan kadar garam dan mineral (demineralisasi) pada jaringan keras gigi akibat plak dan sisa makanan yang menumpuk. Apa penyebabnya? Karies gigi terjadi karena si Kecil mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung gula, serta kurang bersih dalam perawatan gigi. Biasakan membersihkan gigi si Kecil setiap setelah makan atau menyusui dan malam hari sebelum tidur. Gunakan infant toothbrush Baby Huki yang lembut dan aman untuk gigi mungil si Kecil. Basahkan infant tooth brush dengan air dan usap lembut gigi susu yang baru tumbuh. Lakukan juga pemeriksaan rutin ke dokter gigi setelah enam bulan semenjak gigi pertama tumbuh ya Bunda.

Ajak si Kecil sikat gigi bersama Bunda, agar menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain itu menyikat gigi bersama bisa menjadi kegiatan bonding untuk Bunda dan si Kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *