Rahasia Makan Menyenangkan

Bagi si Kecil mengenal makanan untuk pertama kali terkadang menjadi hal yang asing buat mereka, karena biasanya ia hanya tahu makanan cair (ASI), jadi ketika diberi makanan dengan bau dan tekstur yang berbeda, terkadang ia menolak.

Hal itu tentunya bisa membuat “drama” tersendiri buat Bunda. Tapi jangan patas semangat Bunda, tetap gigih dan  coba tips ini biar si Kecil lahap makannya:

1. Buatlah suasana makan yang menyenangkan

Suasana yang menyenangkan sangat mempengaruhi mood seseorang untuk melakukan suatu aktivitas, termasuk juga si kecil yang akan mulai belajar makan. Suasana yang menyenangkan dapat membantu si kecil untuk cepat menerima makanannya. Jangan memberi makan si kecil pada tempat yang itu-itu saja. Mungkin Bunda bisa mencoba membawa si Kecil ke teras rumah, taman terdekat atau suatu tempat yang menyenangkan sehingga dia tidak bosan dan akan lebih mudah menerima makanan yang diberikan.

2. Jangan memaksa

Hindari tindakan memaksa jika si kecil menolak makanan barunya. Cara menolaknya bisa dengan menangis, menutup mulutnya atau dengan menggelengkan kepalanya. Anda pasti peka terhadap sikap si kecil yang tidak menginginkan makanan barunya. Mungkin bagi si kecil, makanan barunya tersebut terasa aneh di mulutnya. Cobalah untuk memberikan makanannya di lain waktu. Memaksanya hanya akan membuat si kecil menjadi rewel.

3. Perkenalkan makanan pada saat yang tepat

Jangan memberi makanan barunya ketika si kecil dalam keadaan rewel, mengantuk atau sakit, karena akan sia-sia saja. Kondisi yang tepat adalah waktu si Kecil dalam keadaan lapar, tidak mengantuk dan gembira agar proses makan akan terasa mudah dilakukan.

4. Perlengkapan makan yang menarik

Anak-anak lebih menyukai sesuatu yang berwarna cerah seperti merah, kuning dan hijau. Feeding Set Baby HUKI sangat tepat untuk membuat makan si Kecil menjadi menyenangan. Ada Bowie, si mangkuk cerdas yang alasnya bisa menempel kuat di meja sehingga tidak mudah tumpah bila si Kecil ingin berlatih makan sendiri. Ada Spony, yang bentuk gagangnya pas untuk digenggam si Kecil serta tidak licin. Lalu ada Treny, training cup yang dilengkapi dengan sedotan dan gagang botol agar si Kecil bisa minum sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *