Tanda Si Kecil Siap Disapih.

“Sudah coba berbagai cara untuk menyapih tapi gagal. Gimana sih caranya?”

Ada Bunda yang menyapih dengan mudah, ada juga yang penuh dengan drama. Ada Si Kecil yang disapih sebelum waktu 2 tahun, ada yang lebih dari 2 tahun. Tapi itu bukan masalah, karena proses menyapih di setiap anak itu berbeda-beda. Berikut tanda si Kecil untuk siap disapih:

  1. Si Kecil sudah bisa duduk tegak.

Kemampuan ini memungkinkan si kecil untuk minum susu tanpa perlu tiduran sehingga mengurangi resiko tersedak.

  • Kemampuan memegang si Kecil semakin kuat. Untuk memastikan si Kecil sudah siap untuk mengenggam botol.
  • Berat badan si Kecil sudah naik 2x lipat dari berat badan saat ia lahir.
  • Minat menyusu berkurang.
  • Sudah bisa minum susu dengan gelas.
  • Dan yang utama, Bunda sudah siap lahir dan batin untuk menyapih si Kecil. Kenapa demikian? Karena terkadang Bunda yang sebenarnya belum siap melepas bonding yang didapat saat menyusui si Kecil dan ada rasa tidak siap serta ketidakrelaan Bunda. Jadinya ketika melihat anak merengek ingin menyusu, hal ini akan menggoyahkan Bunda dengan mudah untuk memberikannya ASI kembali.

Intinya untuk menyapih si Kecil jangan dipaksakan ya Bun. Kuncinya kalau Bunda siap menyapih, pasti anak juga siap untuk disapih! Dalam proses menyapih, biasanya ASI akan tetap keluar dan merembes, sehingga membuat Bunda merasa tidak nyaman. Tetap gunakan Breast Pad Baby HUKI, yang memiliki daya serap tinggi sehingga menyerap kebih banyak, tidak gampang bocor, perekatnya ganda sehingga tidak mudah geser dan mengikuti postur payudara Bunda agar lebih nyaman digunakan. Selamat mencoba dan semoga sukses Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *